Perjumpaan di Awal Tahun Baru 2007

24 01 2007

Alhamdulillah, setelah hampir 5 tahun, akhirnya ALLOH memberi kesempatan kepada saya untuk mengunjungi Masjid Kobe, masjid tertua di Jepang, untuk kedua kalinya. Tepatnya pada pelaksanaan Sholat Ied ul Adha 31 Desember 2006 yang lalu.  

Ada yang membuat saya “terharu” saat mengunjungi Masjid yang dibangun sekitar tahun 1930 ini. Jika 5 tahun yang lalu, saat pertama kali saya mengunjungi masji Kobe, saya sempat bertemu dan berpose bersama dengan sang Imam Masjid, yakni Br. Imam Mohsen. Maka pada kunjungan yang kedua ini, saya bertemu dan berpose dengan Imam Masjid tak lain dan tak bukan, Br. Imam Mohsen, Imam Masjid yang yang pernah saya jumpai 5 tahun lalu.

Hari Sabtu, 30 Desember 2006 

Saya sekeluarga, Ummu Faiz, Faiz & Hani meninggalkan Nagoya pada hari Sabtu 30 Desember 2006. Satu minggu sebelumnya, saya telah “memesan” tiket Shinkansen NOZOMI-1, jurusan Shin-Osaka, yang berangkat dari Nagoya jam 07:40. Pemilihan Shinkansen NOZOMI-1 ini lantaran Faiz ingin naik Shinkansen 500-Series, yang merupakan Shinkansen tercepat dengan kecepatan 300 km/jam. Dari beberapa koleksi “mainan Shinkansen” yang Faiz miliki, Shinkansen 500-Series adalah yang paling populer dan disenangi Faiz, lantaran bentuknya yang “lancip”. Gambarnya bisa dilihat di:                                                               http://commons.wikimedia.org/wiki/Image:Shinkansen_500_Kyoto_2005-03-19.jpg 

Entah kenapa, satu hari sebelum berangkat, Faiz berubah pikiran, pingin naik Shinkansen jenis lain, sambil menunjuk mainannya, yaitu Shinkansen 300-Series, yang merupakan generasi sebelum 500-Series dan 700-Series.  Akhirnya, di hari Jum’at, satu hari sebelumnya, saya harus “mengganti ” tiket, yang sebelumnya NOZOMI-1 (jam keberangaktan 07:40), menjadi NOZOMI-101 (jam keberangkatan dari Nagoya 08:27). Jenis Shinkansen NOZOMI-101 adalah Shinkansen 300-Series. Gambarnya bisa dilihat di:  http://commons.wikimedia.org/wiki/Image:Shinkansen2800.jpg 

Alhamdulillah, dengan kecepatan 270 km/jam, NOZOMI 101 membawa kami sekeluarga dan tiba di Shin-Osaka station jam 09:19. Hanya satu tujuan, kami singgah di Osaka sebelum menuju ke Kobe, yakni Silaturahmi ke rumah seorang Sahabat yang tinggal di Suita-shi Osaka. Pada Summer 2003, saya pernah “numpang” menginap di rumahnya. Sehingga, pertemuan kami di hari Sabtu itu menjadi “pertemuan Nostalgia” untuk kedua kalinya sejak 3 tahun yang lalu. Setelah istirahat dan makan siang di rumah sang-Sahabat, kami di-guide-nya sebentar untuk menikmati “kemegahan” kota Osaka.

Dan menjelang Maghrib, kamipun berpisah dan kami melanjutkan perjalan ke Kobe. Hanya sekitar 30 menit dari Umeda-Station (Osaka), Hankyu-line yang membawa kami telah tiba di San-no-miya station, Station terbesar di Kobe. Dan kami langsung Check-in ke Hotel yang telah kami pesan sebelumnya. Malam harinya, kami sempat “menikmati” panorama malam hari San-no-Miya station, lagi-lagi menjadi ajang Nostalgia bagi saya, mengenang “kunjungan” pertama kali saya ke San-no-Miya 5 tahun yang lalu. 

Hari Ahad, 31 Desember 2006 

Pagi-pagi kami Check-out dari Hotel, setelah “menikmati” menu sarapan pagi hotel ala kadarnya, dan langsung menuju Masjid Kobe. Dengan satu tujuan, yakni Sholat Eid ul Adha. Sepanjang perjalan menuju masjid, kami selalu berpapasan dengan banyak orang Indonesia yang juga menuju Masjid. Alhamdulillah, kami tiba di Masjid dengan suasana yang masih lumayan “sepi”, sehingga kami masih mendapat tempat di dalam Masjid. Karena “kabarnya”, semakin siang masjid akan penuh dan ada Jamaah yang harus rela mendapatkan tempat di luar (areal parkir Masjid). Alhamdulillah, kami mendapatkan tempat di dalam Masjid, lantaran pagi itu suasana angin di musim dingin begitu terasa. Alhamdulillah, ada “nuansa” lain saat saya bisa sholat Ied di Masjid. Mengingatkan saya akan suasana Indonesia, yang selalu “melewati” Sholat Ied ul Adha di Masjid. Setelah sholat Ied, saya sempat “kaget” lantaran bertemu dengan 2 orang Jamaah UMIN, Nagoya. Hmmm, jauh-jauh, ALLOH pertemukan saya dengan warga Nagoya di Masjid Kobe. Keberadaan kami di sekitar Masjid Kobe berakhir di Restoran Pakistan. Nasi Biryani plus Kare menjadi “pengganjal” perut pada hari itu. 

Selanjutnya, dengan “ditemani” beberapa rekan dari Osaka, kami habiskan sepanjang hari itu untuk menikmati kota Kobe, keliling “Port-Island” dengan naik Monorail menggunakan 1-nichi kippu. Port-Island adalah “areal” baru di Kobe yang sengaja dibuat, untuk “menutupi” kekurangan lahan, lantaran kota Kobe sangatlah kecil.  Sore hari kami meninggalkan Kobe menuju Kyoto.

Dan Alhamdulillah, sekitar jam 5 sore, kami tiba di Kyoto eki, dan dilanjutkan dengan Bus-Kota menuju tempat kami menginap, yaitu di rumah Sahabat saya, teman seangkatan saat S1 dan S2 di Fisika UGM. Pertemuan dengannya sungguh saya tunggu2. Sejak saya berangkat ke Jepang tahun 2000 yang lalu, saya tak pernah lagi berjumpa dengannya. Sehingga perjumpaan dengannya di hari itu sangat menyenangkan dan membahagiaan saya. Ibarat berjumpa dengan Sahabat yang hilang. 

Hari Senin, 1 Januari 2007 

Saya mengawali tahun 2007 di rumah seorang Sahabat saya yang tinggal di Kyoto. Agenda selama di Kyoto adalah mengunjungi Kinkakuji dan Ryoanji. Dengan ditemani beberapa rekan di Kyoto, Alhamdulillah, awal tahun 2007 ini begitu “menyenangkan”. Bisa bersilaturahmi dengan Sahabat-sahabat lama saya, sambil menikmati “keindahan” Kuil emas Kyoto. Hmmm, tapi, keindahannya tak seindah apa yang lihat di poster-poster.  

Seharian penuh kami berada di Kyoto, dan tibalah waktunya untuk meninggalkan Kyoto, pulang menuju Nagoya. Kali ini kami naik Shinkansen NOZOMI-34 (jam keberangkatan dari Kyoto 17:09). Jenis Shinkansen NOZOMI-34 adalah Shinkansen 500-Series, jenis Shinkansen paling populer bagi Faiz. Dan saat Shinkansen datang, Faiz-pun “histeris” ingin cepat naik. Hmmm, Faiz memang “maniak” Shinkansen, sampai-sampai cita-citanya kalau sudah besar pingin jadi Sopir Shinkansen.

 Alhamdulillah, jam 17:45, kami tiba di Nagoya dengan SELAMAT, dengan membawa “oleh-oleh” setumpuk cucian. 

Beberapa jebretan sila buka: http://www.suharyadi.fotopic.net/c1174588.html 


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: