Koleksi Buku

13 10 2006

Setiap aku mudik ke Indonesia tak lupa selalu mengunjungi kios buku. MasyaaALLOH ada banyak sekali buku-buku seputar “Tarbiyah dan Pergerakan” yang sangat variatif, gaul dan funky. Pingin dibeli semuanya, tapi khawatir mengurangi “jatah” bagasi yang hanya 100Kg. Akhirnya aku batasi untuk “memborong” buku tak lebih dari 10Kg. Ada lebih 20 buku-buku seputar “Pergerakan dan Tarbiyah” telah aku “borong”. Maklum di Jepang susah mencarinya. Entah dibaca atau tidak setibanya di Jepang nanti, yang penting beli dulu. Membayangkan jika suatu saat keuangan lagi seret, untuk membeli buku saja tidak mampu. Jadi mumpung ada uang, beli saja dulu yang banyak, dibaca atau tidak setibanya di Jepang, itu urusan nanti, yang pasti, suatu saat akan terbaca juga entah kapan.

Ada buku kecil nan menggugah berjudul “Beginilah Jalan Dakwah Mengajarkan Kami”, ada kumpulan novel “Di Atas Sajadah Cinta”, juga buku-buku  karya “sang Motivator” Ust. Anis Matta, ada “Risalah Pergerakan” edisi baru, tak ketinggalan “Di Jalan Dakwah Aku Raih Sakinah”, dan masih banyak lagi….

Menjelang tahun 2000, sangat populer buku-buku yang “beratribut” Quantum, sebut saja Quantum Learning, Quantum Marketing, Quantum Teaching, Quantum Reading dan sebagainya. Buku-buku tersebut, secara umum menyajikan “petunjuk” praktis meraih kesuksesan dan kemudahan dalam proses pembelajaran (jika dalam buku Quantum Learning). Istilah Quantum sebenarnya telah lama populer terutama dalam “Fisika”, ada Mekanika Quantum atau Fisika Quantum. Tak ketinggalan istilah, “Quantum Tarbiyah”-pun muncul juga. Aku bermaksud “memborong”nya, ingin beli 10 buah, lumayan buat oleh-oleh, judul lengkapnya “Quantum Tarbiyah: Mencetak Kader Seba Bisa!”. TAPI sayang, aku hanya bisa membeli satu. Toko-Toko buku Muslim di sekitar kampus UGM sudah aku jelajahi dan ternyata habis terjual, ada juga yang belum tahu. Lantaran buku tsb tergolong buku baru. Bukunya sangat-sangat bagus, intinya menumbuhkan motivasi untuk terus bekerja keras, berkarya, pantang menyerah dan terus berkontribusi, dalam koridor Tarbiyah dan Dakwah. Pokoknya bagus men!!!, he…he..he…, habis bukunya menggunkana bahasa gaul sih, jadi ikut-ikutan dech.

Ada salah satu buku yang tak kalah menariknya yakni “Di Jalan Dakwah Aku Menikah”. Sekilas dibaca, buku ini sangat menarik untuk dibaca. Dan termasuk buku yang aku rekomendasikan untuk dibaca oleh mereka yang sedang “berjuang” memilih jodoh dan menuju ke pelaminan, juga buat mereka yang sudah menikah dan sedang merintis membangun sebuah rumah tangga yang “stabil” dan “mapan”. Buku ini adalah karangan Ust. Cahyadi, penulis yang sangat produktif menuliskan karya-karya seputar Tarbiyah dan Rumah Tangga Islami. Jalan Dakwah yang telah mengantarkan Rosululloh menikahi istri-istrinya, para ummahatul mukminin. Jalan Dakwah pula yang telah mengantarkan Ummu Sulaim menerima pinangan Abu Tolhah. Jalan Dakwah telah mempertemukan Ali ra. dan Fatimah. Di Indonesia, pernikahan antar aktivis dakwah kampus yang masih berstatus sebagai mahasiswa S1 telah menjadi “trend” sejak tahun 1990-an. Buku ini juga menyajikan “pengetahuan” seputar persiapan-persiapan menuju pernikahan, termasuk tata cara “teknis” pelaksanaan Khitbah sampai dengan Walimatul ‘Urs, memasuki malam “pertama” serta membangun rumah tangga yang Islami, tak ketinggalan juga cara memilih rumah/hunian dan hal-hal teknis lainnya dalam berumah tangga. Pokoknya komplit dan bagus banget.

Siapa yang mau pinjem, ayo buruan…….


Aksi

Information

2 responses

7 11 2006
Dino

Kalau mau beli buku online dari toko buku online di Indonesia juga masih susah ya pak. sayang sebetulnya, karena banyak orang Indonesia di luar negeri yang kangen bacaan dari Indonesia.

19 02 2010
syifa

bismillah………..
assalamualaikum………
afwan, dimana ana bisa dapat buku-buku quantum teaching?????
ana perlukan buat PTK,,, di mana ana bisa pesan untuk membelinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: