Selamat Datang di “Tarbiyah Outdoor Base”

28 08 2006

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, tahun inipun Natsu Camp UMIN (Ukhuwah Muslim Indonesia Nagoya) Japan dapat dilaksanakan. Program Camp yang juga sering disebut sebagai “Mukhayyam”, adalah sebuah acara Rihlah atau Tadabbur alam selam 2 hari 1 malam, sebagai salah satu sarana Tarbiyah Jazadiyah, Tarbiyah Rukhiyah, ajang Rekreasi dan memperkuat tali Ukhuwah. Untuk sekedar diketahui, UMIN adalah organisasi dan warung gaulnya kenshusei (Trainee) di wilayah Nagoya dan sekitarnya. Selengkapnya sila kunjungi http://www.uminjapan.tk

Berlokasi di Kasugai-shi Aichi-ken, Natsu Camp 2006 dilaksanakan pada hari Jum’at-Sabtu 18-19 Agustus 2006. Lokasi Natsu Camp tahun ini sama dengan lokasi tahun lalu, yaitu di Shonen Jizen no ie, Kasugai-shi dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dengan bus dari Kozoji eki. Bertempat di dataran tinggi dengan perbukitan yang terhampar indah nan hijau dengan beberapa buah danau yang ikut “menghiasi” lokasi Natsu Camp, menjadikan acara Natsu Camp sebuah acara Rihlah atau Tadabbur Alam yang sangat dinanti-nanti. Apalagi di Jepang dengan aktivitas harian yang sangat-sangat sibuk plus ritme kehidupan yang mengalir dengan cepatnya.

Hari Jum’at sekitar jam 11:30 semua peserta yang berjumlah 19 “pemuda” tiba di lokasi. Tak ketinggalan juga peserta “cilik”, Faiz (2 th) dan Hani (10 bulan) ikut meramaikan acara Natsu Camp 2006 ini.

Acara Natsu Camp UMIN 2006, diawali dengan apel pembukaan dan Taujih dari inspektur upacara (Abu Faiz). Bertempat di lapangan rumput dan beratapkan langit, sholat Jum’at menjadi agenda berikutnya. Dan makan siang yang diselingin ta’arruf (kenalan) menjadi penutup acara sebelum Check-in.

Materi Interaktif bertema Qadhayatul Ummah dan Solusinya menjadi “supelment” pertama. Acara yang dipandu oleh Abu Faiz dikemas menjadi materi interaktif (kelompencapir) dan diskusi. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok dan masing-masing kelompok diminta untuk mempresentasikan “temuan-tamuannya” berupa identifikasi contoh-contoh permasalahan Ummat dewasa ini. Dan ditutup oleh komentar singkat dan beberapa solusi dari permasalahan umat yang disampaikan oleh pemandu.

Game/Permainan Outdoor menjadi agenda berikutnya. Permainan berformat “latihan perang” dengan senjata air yang ditampung di kantong plastik dipandu oleh pemuda penuh semangat Akh Aris. Peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan nama HAMAS dan Hizbullah. Dan keduanya latihan beradu “perang” guna menaklukkan/berebut “Zionist Israel” yang dilambangkan dengan “botol”. Kedua belak pihak “saling serang” menggunakan “bom air”, jika kena, sudah bisa dipastikan akan basah. Game “perang” semakin “asyik” lantaran hujan turun dan ikut “menyemarakkan” suasana.

Setelah acara istirahat, mandi dan makan malam, “siraman” materi ke-2 bertema “Pengantar: Gerakan Zionistme dan Orientalisme” yang disampaikan oleh Ust. Doni H. Ramadhan menjadi “suplement” berikutnya, sampai menjelang waktu tidur.

Hari Sabtu, setelah sholat Subuh, Taujih Subuh bertema “Ciri-ciri Penguni Nereka” disampaikan oleh Akh Aris. Dengan merujuk QS Al-A’raf: 179, Akh Aris menguraikan ciri-ciri penghuni Neraka, yakni mereka yang mempunyai Hati tapi Lalai, mempunyai pendengaran tapi tuli dan mempunyai penglihatan tapi buta, dan mereka ibarat binatang ternak bahkan lebih.

Sabtu pagi jam 07:00, semua peserta camping harus berkumpu di halaman gedung penginapan guna mengikuti program Senam pagi dari pengelola gedung. Dan tepat jam 09:00, kami harus Check-out meninggalkan kamar.

Agenda berikutnya adalah yang ditunggu-tunggu, yakni Hiking, menelusuri jalanan setapak, mendaki perbukitan yang tak terjal serta merambah hutan yang tak lebat. Ada banyak game/permainan selama hiking. Salah satunya ada adu gulat. Terinsipirasi oleh seorang Umar Al-Faruq ra. yang selalu menang di setiap adu gulat. Dan tidak lupa syair-syair Nasyid dari Izzatul Islam sesekali kami lantunkan guna memberi semangat, salah satu diantaranya, “Mujahid Muda”. Hmmm, Alhamdulillah, sebuah acara Hiking yang sangat menyenangkan.

Sekitar jam 11, kami tiba dipinggiran danau dekat halte Bus. Setelah acara ditutup oleh panitia yang dilanjutkan Sholat Dhuhur Berjamaah di pinggir jalan, semua pesertapun naik Bus untuk kembali ke Nagoya.

Alhamdulillah, Natsu Camp 2006 ini telah banyak menyisahakan banyak kenangan, kenangan Indah, tambahnya rasa Cinta antar saudara se-Akidah, juga perasaan sedih lantaran ada beberapa peserta akan segera kembali ke Indonesia dan tidak bisa ikut “menyemarakkan” agenda-agenda dakwah di Nagoya di masa-masa yang akan datang, Fii Amanillah Saudaraku. Dan buat veteran Natsu Camp 2006 yang masih bertahan di Jepang, semoga semakin Militan dan InsyaaALLOH dipertemukan kembali di agenda-agenda Dakwah pada masa-sama yang akan datang.

Jika ada 10 orang berjuang, satu adalah aku.
Jika ada 5 orang berjuang, satu adalah aku.
Jika ada 2 orang berjuang, satu adalah aku.
Jika ada 1 orang berjuang, itu adalah aku.

Selamat berjuan, semoga Istiqomah.

Kenangan dalam gambar sila kunjungi: http://suharyadi.fotopic.net/c1065878.html

Pulang
by Munsyid : SP

Tiba saatnya untuk berpisah
Tiba masanya truskan perjuangan
Kulampirkan selempang doa
Pengikat hati di medan juang

Mega proyek tampak dihamparan
Menanti sebuah karya ditangan
Sentuhkan pena hitung lembaran
Simbol keadilan tertuangkan

Lambaian hati mengharu biru
Masa dibenak terguyur air mata
Karena daya dan kekuatannya
Lorong – lorong medan kan menyatu jua

Selamat jalan selamat berjuang
Peganglah erat kitab al Quran
Sunnah rosul jadikan panduan
Pandang lurus jalan di hadapan

Disini kita pertama berjumpa
Disini pula kita bercerita
Tentang sepenggal kehidupan disebuah desa
Memulung ridho Robbi tercinta

Disini kita pertama berjumpa
Disini pula kita kan berpisah
Sebentar bersama dan bekerja sama
Berjalan tuju Robbi tercinta

Disini kita pertama berjumapa
Disini pula kita bercerita
Tentang sepenggal kehidupan disebuah desa


Aksi

Information

One response

20 06 2013
Camping Gear Sleeping Bags

I always used to study article in news papers but now as I
am a user of web thus from now I am using net for content, thanks to web.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: