Jalan yang Panjang

26 08 2006

Daurah Natsu (musim panas dalam bahasa Jepang) adalah agenda rutin tahunan Ukhuwah Muslim Indonesia Nagoya (UMIN) Jepang (http://www.uminjapan.tk). Bedanya dengan Daurah Golden Week (tiap bulan Mei), Daurah Natsu dikemas dalam format “Natsu Camp”, yakni camping sambil “ngaji” di daerah pegunungan/perbukitan nan hijau dan sejuk selama 2 hari 1 malam. Porsi “bermain” lebih banyak daripada “ngaji”-nya. Beberapa materi pengajian yang adapun dikemas dalam bentuk “materi Interaktif” dan sisanya adalah game, hiking dan pendakian (perbukitan).

Seperti hal tahun-tahun sebelumnya, Natsu Camp 2006 dilaksanakan pada bulan Agustus saat “Obon Yasumi” di Jepang. Natsu Camp tahun ini adalah Natsu Camp ke-4 yang dilaksanakan oleh UMIN, sejak “debut” pertama kalinya Agustus 2003.

Hasil kesepakatan awal, “Outdoor Base INUYAMA Campgroud” menjadi salah satu alternatif tempat Natsu Camp UMIN 2006. Untuk memastikannya, Survey ke lokasi harus dilaksanakan.

Berdasarkan “penulusuran” dari peta “www.mapion.co.jp“, Outdoor Base INUYAMA Campgroud berada sekitar 1,5 km dari arena bermain “Little World Inuyama” (http://www.littleworld.jp/) dan harus ditempuh dengan jalan kaki.

Aku bersama 7 orang “petinggi” UMIN sepakat untuk melalukan Survey di hari Ahad, beberapa pekan sebelum hari H. Dalam survei akupun tidak lupa mengajak “jagoan kecilku” Faiz, dan tak lupa membawa kereta bayi agar Faiz bisa “duduk manis” disepanjang perjalanan, “pikirku”. Survey bermula dari Meitetsu Inuyama eki dan diawali dengan makan “bento” makan siang di sebuah taman dekat eki. Perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Little World. Kamipun sempat mengabadikan beberapa “jebretan” untuk berpose di sekitar Little World.

“Perjuangan” baru saja dimulai saat kami meninggalkan site Little World setelah selesai sholat Dhuhur berjamaah. Dengan berbekal “peta tak lengkap”, kamipun mecari “jalan” agar bisa sampai ke lokasi camping. Dan tak seperti yang kami duga sebelumnya, jalan-jalan yang kami lalui untuk bisa sampai ke lokasi Camping “sangatlah panjang” dan melelahkan. Jalan beraspal yang mengawali perjalan kami ternyata “pendek” dan sangat sebentar. Selanjutnya adalah jalanan tak berasapal alias berkerikil dan sedikit menanjak. Dan bagi diriku sudah bisa ditebak, “Kereta bayi” yang kubawa agar perjalanan “lebih menyenangkan” bersama Faiz “tidak” bisa berlaju dengan mulus. Dan Faiz-pun aku gendong. Pekik Allahu Akbar dan lantunan “Nasyid tak lengkap” sesekali menghiasi “perjalanan kami”. Hmmm, kurang lebih 45 menit kami menyelusuri jalanan berkerikil dan membuat kami agak “kepayahan”, terutama diriku yang sambil menggendong Faiz.

Track selanjutnya adalah jalan berdebu dengan “bau tak sedap” yang sangat menyengat. Kamipun tak tahu darimana datangnya “bau tak sedap itu”. Perjalananpun diakhiri dengan “jalanan berasapal” sebelum akhirnya kami tiba di lokasi Camping. Subhanalloh wal Hamdulillah wa Laa ilaha illaLLOH Allohu Akbar, akhirnya kamipun tiba di “Outdoor Base INUYAMA Campgroud” setelah menempuh perjalan selama kurang lebih 1,5 jam.

Beratnya “track pejalanan” saat berangkat membuat kami harus mencari alternatif jalan lain nan beraspal untuk kembali ke halte Bus. Dan Alhamdulillah, perjalanan pulang lebih “asyik” meskipun lebih lama, lantaran jalanan beraspal yang kami lalui harus “berputar”

Dan dengan terpaksa kamipun sepakat untuk meng-“cancel” Outdoor Base INUYAMA Campgroud sebagai lokasi Natsu Camp UMIN 2006.

Beberapa hasil jebretan boleh tengok di: http://suharyadi.fotopic.net/c1063672.html

Perjalanan
Munsyid: SP

Ayo kita berangkat ke sebuah desa
Diseberang rimba belantara semak belukar
Berhias gunung – gunung, bukit, lembah dan ngarai
Kabut kelabu lembut menyapu hutan berliku

Burung – burung berkicau riang gembira
Gemerisik dedaunan sang angin menyapa
Mengiringi langkah kaki pemuda idola
Yang tak pernah lupa Tuhannya di spanjang usia

Awas bebatuan cadas yang siap menimbas
Pasir hitam berguguran yang setia menghempas
Lorong – lorong bawah berhias tetes air padas
Staglagtit dan stalagmit rilief tanah panas

Sgala puji hanya pada Illahi
Pencipta alam semesta dan seluruh isinya
Penggerak pengatur perputaran jagat raya
Kembali berjuta pujian terpanjat padaNya
Kembali berjuta pujian terpanjat padaNya


Aksi

Information

One response

4 01 2007
ukhti

Jazakumullah khairan katsira u smua ilmu-ilmu yang ditulis di blogger ini.Sangat membantu banget untuk dauroh2 kami.he3.Last but not least selamat berjuang saudaraku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: