Virus Merah Jambu

25 08 2006

Dalam acara Daurah Golden Week UMIN Japan 2006 pada bulan Mei yang lalu, saya mendapatkan amanah dari panitia untuk menyampaikan materi dengan tema “Pacaran: Bagaimana Islam Memandangnya, dan Solusi Alternatif Mencari Jodoh”. Materi tersebut “mendampingi” dua materi lainnya yang saling beririsan, yakni tentang “Gaya hidup barat” dan Ghazwul Fikri. Materi seputar “pacaran” sepertinya “pas banget” lantaran 95% pesertanya adalah “para pemuda” yang lagi “mencari calon pendamping hidup”. (Beberapa “kenangan” Daurah boleh tengok di: http://endores.photos.us.com/c960137_1.html )

Beberapa “cacatan kecil” dari materi tersebut saya tuangkan dalam blog ini, seperti yang tertulis di bawah, selamat menikmati. [note: Jika ada yang butuh file presentasinya dalam power point silahkan japri ke esuharyadi@yahoo.com] 

Hati-hati dengan VMJ alias Virus Merah Jambu yang dapat merusak kekokohan benteng KeImanan. Cinta bisa dianggap sebagai virus. Yaitu Cinta kepada lawan jenis yang tumbuh sebelum menikah kemudian “dibingkai” dengan apa yang disebut “pacaran”. Cinta dalam “gatra” tersebut dianggap kotor dan sudah keluar dari hakikat cinta itu sendiri. Yakni cinta yang ada dalam diri setiap manusia adalah fitrah.

Bahkan Allah yang menciptakan manusia berfirman tentang kecenderungan itu: “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan pada apa-apa yang diingini, yakni wanita wnita, anak-anak, harta yang bnyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan dan sawah ladang …” (QS. Ali Imran : 14)

Islam tidak mengingkari perasaan cinta yang tumbuh pada diri manusia. Akan tetapi di dalam Islam cinta itu harus dijaga dan dilindungi dari kehinaan dan kekotoran. Cinta kepada lawan jenis pada dasarnya adalah suci ,bukan sesuatu yang kotor. Dan pernikahan adalah “bingkai” yang dapat menjaga kesucian itu. Cinta tidak haram dan tetap terjaga kesuciannya selama tidak menimbulkan kemaksiatan kepada ALLOH. Inilah yang harus di garis bawahi karena seringkali dengan dalih cinta namun menghalalkan apa-apa yang ALLOH haramkan.  

Siti Fatimah pernah berkata kepada Ali bin Abi Thalib, “ Wahai Ali sesungguhnya sebelum menikah, ada laki-laki di kota Mekkah ini yang sangat aku kagumi. “ “ Jadi engkau menyesal menikah denganku ? “ ujar Ali “ Tentu tidak,karena laki-laki itu adalah engkau….. “ 

Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan bahwa cinta yang kita bicarakan di sini adalah tentang cinta yang suci, dari seorang lelaki yang suci, yang tidak menginginkan agama dan kesucian dirinya serta pribadinya menjadi rusak, hubungan antara dirinya dengan Allah menjadi renggang. Inilah cinta orang-orang salaf yang mulia dan para imam yang terhormat. Inilah Ubaidillah bin Abdullah bin Utbah bin Mas’ud, salah seorang dari tujuh fuqaha yang jatuh cinta dan dia tidak mengingkarinya. Dia menganggap orang yang mencela cinta adalah orang yang zhalim.  

Bahkan Nabi saw, Abu Bakar, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib juga biasa memberi pertolongan kepada orang-orang yang sedang dimabuk cinta agar dapat menikah dengan orang yang dicintainya.  

Ungkapan seorang pria yang mencintai seorang wanita, “Sesungguhnya saya mencintainya karena ALLOH dan saya ingin agar cinta ini menjadi cinta yang benar di hadapan ALLOH”. Untuk membingkai cintanya agar ia tetap suci sesuai fitrahnya, lalu sang pria tersebut berusaha dan bersungguh-sungguuh untuk menikahinya ,dengan cara-cara yang ALLOH ridhai.  

Menginstall Iman Akibat Virus Merah Jambu

Jika “komputer hati”, sudah terserang virus merah jambu. Hendak tahu virus apakah itu? Virus merah jambu adalah salah satu jenis virus ganas yang mengakibatkan penyakit hati pada diri kita, ia juga dapat merebak ke seluruh network tubuh dan kadang sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika jarang membuka file C:ImanCintaIlahi.Exe atau file C:ImanRajinibadah.doc, tak jarang virus merah jambu akan semakin menjalar ke seluruh system “komputer hati”.

Untuk mencegahnya, pastikan pertama kali kita hilangkan dahulu file-file yang dapat menjadi pintu masuk virus ini, misalnya program ” cinta.exe” dengan men-scan program tersbut. Lalu masukan disket anti virus yang berisi file “As-Syakhsiyah.exe” yang akan membersihkan sedikit demi sedikit virus merah jambu sampai ke akar-akarnya apabila file tersebut dijalankan. Jika anti virus tersebut tidak berhasil, maka perlu menginstall kembali software “iman”. Pergi ke “kajian-kajian” yang menawarkan “installer iman”. Atau membeli “disket installer” berisi file ” Aqidah.exe” atau “Imankuat.doc”.  

Mengemis Kasih

By theZikr 

Tuhan dulu pernah aku menagih simpati
Kepada manusia yang alpa jua buta
Lalu terseretlah aku dilorong gelisah
Luka hati yang berdarah kini jadi parah
 

Semalam sudah sampai kepenghujungnya
Kisah seribu duka ku harap sudah berlalu
Tak ingin lagi kuulangi kembali
Gerak dosa yang mengiris hati
 

Tuhan dosaku menggunung tinggi
Tapi rahmat-Mu melangit luas
Harga selautan syukurku
Hanyalah setitis nikmat-Mu di bumi

Tuhan walau taubat sering kumungkir
Namun pengampunan-Mu tak pernah bertepi
Bila selangkah kurapat pada-Mu
Seribu langkah Kau rapat padak

Maraji: Bermacam Sumber


Aksi

Information

19 responses

26 08 2006
ambiyah

Assalammu’alaikum wr.wb
Mas Edi , afwan bs dijelaskan lagi kalimat dalam paragraph terakhir ?? terus bagaimana cara kita menasehati teman kita yg lagi pacaran dgn cara yang tdk menyinggungnya ??

31 08 2006
ikhwan ahada

prinsipnya jatuh cinta mah boleh aja, but cara ekspresinya aja yang perlu ada treatmen khusus. namanya “manajemen cinta”. mo tahu lebih banyak tetntang itu yaaa. dapetin aja bukunya, ada kok. met berusaha

10 09 2006
Akhi Ndorang

Semoga aja Virus Cinta yang nyerang kita bukan varian VIRUS BRONTOK. Kalo iya, ngalamat sulit untuk bener2 ngilanginnya. Ap mesti diinstall ulang yah?

3 03 2007
aad_lfcfn

thanks for the article. Jazakallah khairan…

5 01 2008
Jihansyah

Assalam’ualaikum
CINTA adalah anugerah, maka dari itu kita harus mensyukurinya kepada yang memberikan CINTA yaitu Allah SWT. tapi terkadang kita malah menjadi ingkar kepada Allah yaitu terserang virus CINTA yang memabokan, kita senantiasa terjebak oleh kenikmatan syahwat yang tidak terkendali .Na’udzubillah…

9 06 2008
Tika

VMG …
Virus paling berbahaya …
Penyakit yang paling umum dan sering diderita oleh para aktivis dakwah …
Dapat menyebabkan kefuturan, kehilangan arah, dan lumpuhnya iman …

WASPADALAH !!!!

17 06 2008
presty larasati

ijin nge-link artikelnya buat blog saya..🙂

30 06 2008
theloebizz

semoga sy segera menemukan penyembuh penyakit ini😉

15 10 2008
Dicky Firmansyah

Assalamu’alaikum wr wb

Subhanallah…

Terima kasih ya Allah..
Terima kasih saudara ku…

Alhamdulillah ya Allah, Engkau telah menyadarkan hamba tentang bagaimana cara menyikapi cinta yang Kau hadirkan dalam hati ini.

3 12 2008
vinna

aslm,
virus merah jambu bisa terjadi karena kelalaian diri menjaga hijab kita,,
menjaga hati kita..

2 01 2009
Ummias-Satrah

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabaraktuh

entah aku sudah pernah kena VMJ atau blum?

atau mungkin aku skrg sementara kena VMJ?

tapi yang jelas saya yakin bahwa VMJ yang blum saatnya tidak akan mendatangkan RIDHO Allah Subhanahu Wata’ala………

Siapapun yang baca COMMENT aku ini do’akan aku yach moga mendapat cinta sejati yang tumbuh dan berkembang karena-NYA…..

Amiin………………………

16 03 2009
imz

aslmwb…
afwann ka, na ijin paste artikelnya bwt di blog
sukron..

31 07 2009
ahmad

aslmm,,
afwann ka, na ijin paste artikelnya bwt di blog
sukron..
Balas

31 07 2009
Abu Faiz

@Ahmad: sila dicopy

3 12 2009
karmila

VMJ,…. bener-bener virus barbahaya. lebih berbahaya daripada virus HIV. sadis banget ya…???
semoga kita terlindung dari cinta yang bervirus ya, hehehe…!!!

11 01 2010
deltha

aslmkm… isinya bagus… saya izin copast ya mas.. jazakalloh khoir…

31 03 2010
lea

ass….uupz bgs bgd isinya…. moga sy dapat obat pnyembuh hati

15 10 2010
2 10 2011
ijep24

mohon kopas puisinya.!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: