Back to Campus

4 07 2006

Beberapa saat yang lalu, masuk ke mail box saya sederatan informasi pengajian di sekitar kampus UGM.  Membacanya, membuat saya rindu akan Yogyakarta terutama lingkungan kampus dan ingin secepatnya back to campus. Bergabung dengan “mereka” yang sedang “berkutat” dengan beratnya kehidupan di tanah air tapi sangat mudah merasakan indahnya “ukhuwah” dan manisnya “Iman”. Agak berbeda dengan yang saya alami di sini, begitu mudah merasakan indahnya “hidup” dengan segala fasilitas yang sangat mudah didapat, tapi harus “berjuang” keras untuk merasakan indahnya “ukhuwah” dan manisnya “Iman”, bukan karena “gemerlapnya fasilitas hidup” itu sendiri, tapi lantaran di negeri ini nyaris tidak ada (sedikit) “suasana-suasana keImanan”.  

Saya teringat ungkapan Ahmad Sholahal Munjid dalam bukunya “Taqwinul Qalb”, dimana buku tsb banyak menyitir “ungkapan-ungkapan” Ibnu Rajab, kurang lebih: perjuangan mendapatkan indahnya ukhuwah dan manisnya Iman akan sangat berat jika berada dilingkungan yang jauh dari “suasana-suasana Keimanan”. Sehingga kita yang di Jepang yang “kering” ini, kadang harus “berkreasi” sendiri guna menciptakan “suasana-suasana keImanan” tersebut, minimal untuk menjaga Iman itu sendiri. 

Meskipun begitu, salah satu hadits ‘Arba’in Imam An-Nawawi, membuat saya agak sedikit “tenang” dan memberikan “berita gembira” ketika saya berada di Jepang. Berikut bunyinya: Dari Amirul Mu’miinin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda :Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: